(",)

Sabtu, 21 Juli 2012

Jembatan pelangi (jembatan pelengkung) - sulawesi selatan


Bismillahirrahmanirrahim,,

Disinilah aku berada sekarang. Makassar.
indah bila kita menikmati segala suasana dan panorama yang ada di dalamnya.

kali ini aku akan sedikit membahas salah satu keindahan dari segi pembangunan dan dari segi arsitektur.wilayah sulawesi selatan yaitu jembatan.

karna memang beradanya aku disini tak lepas dari pembangunan jalan dan jembatan yang ditangani oleh PT. WIKA tempat aku menjalani Pendidikan Sistem Ganda.

okke.. kita kembali ke jembatan. sebut saja namanya Jembatan Pelengkung atau sebagian orang memberikan nama jembatan pelangi, jembatan yang pengerjaannya di mulai sejak tahun 2009 yang memakan waktu pengerjaan satu sampai dua tahun ini memang patut menjadi maskot sulawesi selatan karna keindahannya.


1. jembatan sungai pute



Jembatan Pute ini terletak di KM 37 + 800 terletak di kabupaten marros yang pengerjaannya paling lama dari semua jembatan yang dibangun oleh wika, Jembatan ini termasuk tipe jembatan Fixed Arch.



ciri khas utamanya adalah warna putih.

dan terdapat pasar apung dibawah jembatan ini







2. Jembatan  sungai Takkalasi



Jembatan Takkalasi ini terletak di KM 112+026 terletak di kabupaten barru, jembatan ini bertipe Two Pin Arch, ciri khasnya berwarna biru, dan memiliki 2 pelengkung atau 2 pelangi yang di sanggah oleh 1 pier di tengahnya.









3. Jembatan Sungai Lampoko

 Jembatan ini terletak pada KM 116+400, berada di kabupaten barru, Kecamatan ballusu. Jembatan ini memiliki tipe Arch dengan 1 pelengkung bercat merah muda.

di Lampoko ini terdapat sebuah PLTU di dekat pantai bagian barat.

Jarak Antara Jembatan Takkalasi dengan Jembatan Lampoko cukup dekat lho..



4. Jembatan Sungai Wiringtasi

Jembatan Wiringtasi, Jembatan Pelangi yang berikutnya ini berwarna Hijau, Memiliki tipe Arch, terletak di kabupaten Barru, pada KM 121+200

foto tahun 2009

5. Jembatan Sungai Bojo



berikut pengerjaan jembatan pelengkung tsb.






Berikut salah satu proses pengerjaan pembangunan jembatan pelengkung tsb. 











Tidak ada komentar:

my facebook

Popular post

-.-