(",)

Selasa, 06 Januari 2015

#BicaraCirebon | bagian 4

Tentang masjid dan pasar | BicaraCirebon

Apa hubungannya antara masjid dan pasar di Cirebon ?
Jika kita mengunjungi masjid-masjid di Cirebon, pasti kita akan menemukan pasar, entah itu pasar yang diadakan setiap hari ataupun pasar yang hanya diadakan di hari-hari tertentu saja..
Dimana ada masjid disana ada pasar
Mana yang dahulu ? pasar atau masjid ?
Fungsi pasar bukan hanya untuk transaksi jual beli, namun juga sebagai tempat berkumpul dan bertemunya seluruh element masyarkat, kaum melarat hingga pejabat.

Penyebaran Islam ditanah jawa tak lepas dari fungsi pasar, ditempat ini adalah tempat yang sangat memungkinkan untuk penyebaran islam.

Dalam penulisan sejarah kata Indonesia tidak disebutkan, oleh karena pada masa itu dikenal dengan sebutan india saja, yang mencangkup bagian asia timur termasuk asia tenggara.
Para Gujarat Arab menyebarkan agama Islam di tanah jawa, dimana lagi kalau bukan dipasar, ketika Islam telah diterima oleh masyarakat sekitar kemudian dibangunlah masjid sebagai media utama untuk mempelajari islam dan sebagai tempat Ibadah. Dan bila tidak memungkinkan daya tampung masjid tersebut, dibuatlah Langgar (mushollah) sebagai cabang dari masjid utama.

Bila kita lihat daerah di Cirebon, di setiap Desa pasti memiliki Masjid Utama yang biasanya hanya satu saja.
Dan pasti tak jauh dari Masjid tersebut, ada Langgar dan bila penduduk sudah padat, Langgar tersebut di alihfungsikan menjadi masjid.

Jadi, Petama kali yang didirikan itu adalah Pasar, kemudian masjid, kemudian langgar kemudian pasar.

Pasar dan Masjid adalah sebagian kecil saksi sejarah penyebaran Islam di Kota Wali ini, kita tak boleh memisahkan antara keduanya, ada hal yang harus dipertahankan terutama tentang silaturahmi.

 pasar kanoman

24122014 | ube | #BicaraCirebon

Tidak ada komentar:

my facebook

Popular post

-.-